Skip to main content

4 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Jika Dilecehkan di Media Sosial

Sosmed
Ilustrasi. (Int)

KABAR.NEWS - Media sosial sejatinya digunakan sebagai alat berkomunikasi, mencari informasi yang benar dan menjalin tali silatirahmi dengan siapa saja di penjuru dunia.

Namun, kini banyak pemilik akun media sosial yang lahir dan menyalahgunakan fungsi serta manfaat bersosial media.

Pelecehan di media sosialpun kerap kali terjadi. Korban yang dijerat bisa siapa saja. Tak jarang, media sosial digunakan untuk tindakan kurang sopan, bahkan mengarah ke pornografi.

Lalu, jika mendapat perlakuan tidak mengenakan di media sosial, apa yang mesti dilakukan? Dilansir seeksocialmedia.com, ada 4 tips yang bisa digunakan untuk mengatasi oknum tidak sopan di media sosial.

1. Abaikan

Memang pesan seperti itu bisa saja memancing emosi, tapi lebih baik mencoba mengabaikannya saja sebagai langkah pertama. Sebab, mengabaikan pesan memberi kemungkinan tidak adanya hal-hal lebih buruk lagi yang akan Anda terima dari si pengirim pesan. Dengan mengabaikan, si pengirim pesan akan diam sendiri dan mudah-mudahan bisa menyadari kesalahannya.

2. Hapus dan blok

Jika dia mengatakan hal-hal negatif lewat kolom komentar, ada baiknya Anda langsung menghapus komentar tersebut. Pasalnya, jika ada yang melihat komentar negatif seperti itu, tidak menutup kemungkinan mengundang orang lain, dalam hal ini pengikut Anda, bereaksi. Terlebih jika Anda adalah orang yang terkenal atau selebgram yang mempunyai banyak pengikut, segera hapus sebelum dilihat banyak orang. Setelah itu, yang mungkin dilakukan ialah memblokir orang itu. Tidak ada salahnya memblokir orang-orang yang bertindak tidak baik dan memberi hal negatif kepada orang lain, bukan?

3. Tanggapi

Namun, jika tidak tahan membalas pesan negatif yang ditujukan kepada Anda, disarankan Anda bisa menanggapi orang tersebut dengan sebaik mungkin. Pasalnya, komentar dan tanggapan yang Anda berikan menjadi kunci penting terhadap kelanjutan hal ini. Jangan sampai komentar atau respons Anda kemudian justru semakin memperburuk situasi ke arah negatif.

4. Tawarkan permintaan maaf

Seberapa pun salahnya si pengirim pesan, ada baiknya Anda mencoba melakukan negosiasi sebelum membawanya ke ranah yang lebih besar, seperti pelaporan ke pihak berwajib. Anda bisa membalas pesan tersebut dan menanyakan si pengirim apa maksud dari pesan negatifnya. Anda bisa menyarankan dia meminta maaf untuk kesalahan yang dia lakukan dan menemukan solusi berdua. Namun, jika itu tetap tidak ditanggapi dengan baik, Anda lebih baik melaporkan tindakan tidak sopannya itu.