Skip to main content

5 Kebiasaan Ini Bisa Bentuk Citra Buruk di Kantor

Kantor
Ilustrasi. (Int)

KABAR.NEWS - Perilaku seorang karyawan di suatu perusahaan sangat mempengaruhi jenjang karirnya ke depan.

Karyawan dituntut mampu bersikap profesional dan menaati segala bentuk peraturan yang disepakati perusahaan.

Bersikap ambisius dan selalu ingin menonjol bukan satu-satunya cara untuk melangkah ke jenjang karir yang lebih baik. 

Namun, membangun citra positif kepada diri melalui kebasaan di lingkungan kerja juga memiliki pengaruh besar terhadap jenjang karir.

Untuk membangun citra baik di lingkungan kerja, sebaiknya kamu menghindari 5 kebiasaan buruk ini.

1. Sering terlambat

Tidak apa-apa untuk sesekali terlambat datang ke kantor, tapi tidak halnya jika terjadi setiap hari. Sering terlambat bisa menjadi image buruk pada profesionalitas Anda dan sejauhmana Anda menganggap serius pekerjaan saat ini.

Juga, pulang kantor lebih awal dari yang seharusnya juga sama buruknya dengan kebiasaan terlambat tiba ke kantor.

2. Sikap negatif

Mengeluh tentang pekerjaan terus-menerus, panik bahkan sebelum tugas ditugaskan dan pesimis tentang segala sesuatu pekerjaan, akan membuat citra buruk Anda sebagai pegawai.

Anda akan diistilahkan 'tidak kooperatif' dan 'cengeng ' oleh rekan kerja Anda. Daripada mengeluh tentang masalah, fokuskan energi Anda untuk menemukan solusi dan mempertahankan sikap optimis. Ini akan membantu untuk menjaga stres dan membuat menjadi profesional yang lebih baik.

3. Kebiasaan yang dilakukan di meja kerja

Apakah Anda sering berfoto narsis di depan laptop? Atau sering memeriksa akun media bermain ponsel atau game, saat bekerja? Hentikan itu segera! Ketika bekerja, sebaiknya konsentrasi dan tidak melakukan hal pribadi yang bisa dilakukan di luar jam kerja.

4. Mengobrol sepanjang wakt

Meskipun baik untuk minum kopi atau minum teh dan berbicara dengan rekan kerja sekali atau dua kali, tetapi melakukan hal itu sepanjang waktu jelas bukan kebiasaan yang baik. Pikirkan dua kali sebelum terus menyela ngobrol dan mengganggu orang lain yang mungkin punya pekerjaan yang harus diselesaikan.

5. Jorok

Jika Anda meninggalkan cangkir atau serbet bekas di tempat kerja Anda, bersin tanpa menggunakan tisu, membuat suara aneh saat makan atau bersendawa keras, Anda akan mengundang orang untuk mengomentari perilaku Anda. Ingat bahwa Anda hidup berdampingan dengan orang-orang selama jam kantor dan meja kerja Anda bukan kamar tidur Anda di mana Anda dapat melemparkan apa pun di mana saja tanpa berpikir dua kali.L