Skip to main content

2017, PNS Jadi Aktor yang Dominasi Kasus Korupsi 

Pns
Ilustrasi. (Int)

KABAR.NEWS, Makassar - Tindak pidana korupsi masih menjadi perkara fundamental yang hingga saat ini sangat sulit diberantas. Tak tanggung-tanggung mulai dari oknum aparat penegak hukum sendiri hingga pejabat pun bisa menjadi oknum yang melakukan tindakan korupsi. 

Dalam catatan akhir tahun (Catahu) Anti Corruption Commitee (ACC) Sulawesi, sepanjang tahun 2016-2017 ini, dari sekian banyak pelaku koruptor, aktor yang paling mendominasi adalah pegawai negeri sipil (PNS). 

"Berdasarkan riset dan investigasi yang dilakukan, kami mencatat dari 12 aktor yang masuk dalam kategori pelaku koruptor, PNS yang paling mendominasi," terang, Direktur Riset dan Data ACC Sulawesi, Wiwin Suwandi dalam rilis Catahu, Sabtu (23/12/2017).

ACC kata Wiwin mengkategorikan 12 aktor korupsi yang tercatat berdasarkan fakta-fakta yang kasusnya telah bergulir di Pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor). PNS masih menduduki peringkat pertama sebagai aktor atau pelaku koruptor dengan jumlah perkara 59. 

Aktor Swasta 34, aktor Pengurus Koperasi 10, aktor Kepala Desa 10, aktor Honorer 8, aktor Perangkat Desa 4, aktor Kelompok Tani/Petani 4, aktor Perusda/BUMD 5, aktor BUMN 3, aktor DPRD 1, aktor Advokat 1, dan aktor Notaris 1. 

Rata-rata disebutkan Wiwin, data sepanjang tahun itu yang perkaranya masih sementara bergulir di Pengadilan Tipikor. Ini menurut dia, harusnya menjadi perhatian yang paling mendasar untuk bagaimana melakukan pengawasan mulai dari level paling bawah hingga tingkatan atas agar tindakan korupsi itu bisa diberantas. 

"Pemberantasan korupsi ini wajib menjadi agenda prioritas. Kepala daerah, intansi pemerintah bahkan, hingga perangkat-perangkatnya harus melakukan evaluasi untuk bagaimana melakukan upaya pencegahan korupsi diseluruh sektor," tegas Wiwin.

ACC bahkan mendesak agar pihak terkait agar memperketat perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan terhadap proyek-proyek apapun khususnya infrastruktur di level provinsi, kabupaten maupun kota se Sulsel. 

  • Arul Ramadhan