Skip to main content

Imbang 1-1, Dominasi Brasil Mampu Diredam Swiss

INT
Striker Brasil, Neymar coba diadang tiga pemain. (twitter timnas Brasil)



KABAR.NEWS - Timnas Swiss berhasil mengimbangi dominasi serangan Brasil dalam laga perdana Piala Dunia 2018 Grup E, Senin (18/6/2018) dini hari WIB. Swiss yang terus digempur oleh serangan bertubi-tubi Pemain Brasil, mampu meredam setiap serangan. Hasil imbang 1-1 diperoleh kedua tim, meski dominasi serangan tampak lebih mengunggulkan tim Samba--julukan Brasil.

Diketahui, pada laga ini, Brasil sempat unggul lebih dulu melalui gol indah Philippe Coutinho. Tapi, Swiss bisa menyamakan skor di babak kedua melalui tandukan Steven Zuber.
Jalannya pertandingan di babak pertama berlangsung sengit. Pada menit ke-10, Brasil mendapat peluang pertama. Menerima umpan Neymar di kotak penalti, Paulinho gagal menendang bola tepat sasaran ke gawang.

Brasil berhasil mencetak gol di menit ke-20. Mendapat ruang tembak di luar kotak penalti, sepakan melengkung Coutinho mengarah ke tiang jauh dan tak mampu dibendung kiper Swiss, Sommer.
Tim Samba mendominasi jalannya babak pertama, sementara Swiss kesulitan menciptakan peluang bersih mencetak gol.

Brasil nyaris menggandakan skor di injury time babak pertama. Diawali sepak pojok, tandukan Thiago Silva masih melayang tipis di atas mistar. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.
Babak kedua menginjak menit ke-50, Swiss bisa menyamakan skor. Sepak pojok Xhaqiri ditanduk dengan sempurna oleh Zuber. Pemain Brasil sempat protes karena dalam proses gol, Zuber mendorong Miranda terlebih dulu.

Menit ke-60, Brasil berusaha mencetak gol kedua melalui tendangan jarak jauh seperti yang dilepaskan Casemiro. Namun, bola melambung tinggi di atas mistar. Coutinho hampir mencetak gol keduanya di laga ini di menit ke-69. Mengontrol bola umpan Neymar dengan dada, Coutinho langsung melepaskan tendangan voli ke gawang. 

Tapi, arah bola masih melebar di kanan gawang. Dominasi serangan Brasil yang terus gencar hingga tambahan waktu babak kedua tak mampu membuahkan gol. Solidnya pertahanan Swiss membuat Neymar dkk kerap kesulitan dalam penyelesaian akhir.

Penjaga gawang Swiss, Sommer, juga mampu menjaga performanya di bawah mistar hingga laga berakhir imbang 1-1 bagi kedua tim.

Hasil imbang menempatkan Brasil di posisi dua dengan poin satu, sementara Swiss di posisi tiga mengemas poin yang sama. Pemuncak klasemen adalah Serbia yang sebelumnya menang 1-0 atas Kosta Rika.

Susunan pemain:

Brasil: Alisson, Danilo, Thiago Silva, Miranda, Marcelo, Paulinho (Renato Augusto 67'), Casemiro (Fernandinho 60'), Coutinho, Willian, Gabriel Jesus (Firmino 79'), Neymar.

Swiss: Yann Sommer, Stephan Lichtsteiner (Lang 87'), Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Valon Behrami (Zakaria 71'), Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri, Blerim Dzemaili, Steven Zuber, Haris Seferovic (Embolo 80').