Skip to main content

Kolom Kosong Ungguli Paslon di Pilwalkot Makassar, Waketum Gerindra: Gambaran Perlawan Rakyat

Pilkada

 


KABAR.NEWS, Jakarta - Keunggulan sementara kolom kosong di Pilwalkot Makassar berdasarkan Real Count di website resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi perhatian politisi nasional. 


Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra, Ferry Julianto mengatakan keunggulan kotak kosong untuk sementara ini di Pilwalkot Makassar merupakan fenomena. Ia mengaku hasil sementara di Pilwalkot Makassar menunjukkan perlawanan rakyat terhadap politik kekerabatan yang dilakukan oleh elite politik.


Baca Juga: 


"Kotak kosong gambar perlawanan rakyat," ujarnya dikutip dari Kumparan, Sabtu (30/6/2018).


Sementara itu, Ketua KPU RI Arief Budiman menyebutkan tren kotak kosong dalam pilkada mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam setiap tahunnya.  Pada pilkada serentak 2018 ini, terdapat 16 daerah yang hanya diikuti satu pasangan calon saja. 


"Kita hari ini disuguhkan fakta, peningkatan adanya pelaksanaan pilkada dengan satu calon. Pilkada 2018, 1 paslon ada di 16 daerah, meningkat setiap tahun. Ini ada fakta menarik, ada kotak kosong menang melawan 1 paslon," kata dia


Menurutnya, peningkatan tren itu terjadi setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan apabila terdapat satu calon, maka pemilihan kepada daerah tetap dapat dilakukan.


"Tren kotak kosong meningkat setelah MK memutuskan walaupun 1 calon, tetap pemilihan bisa dilakukan. Walaupun bertahap, walaupun tersisa 1 paslon, tetap bisa dilaksanakan," pungkasnya.