Skip to main content

Selundupkan Ribuan Karton Rokok ke Singapura, 8 Orang Diamankan

kaki bukit
Barang bukti kasus penyelendupan rokok di Singapura (Foto: Facebook/Singapore Customs)

KABAR.NEWS, Singapura - Delapan pria ditangkap dan lebih dari 5.000 karton rokok selundupan disita dalam operasi oleh tim Bea Cukai Singapura pada Selasa (24/4/2018).

 

Total barang dan jasa pajak (GST) yang seharusnya dibayar namun dihindari adalah sekitar $470.640 (Rp 496 Juta) ungkap Bea Cukai Singapura dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, melansir dari laman Strait Times, Jumat (27/4/2018).

 

Delapan orang yang ditahan 5 diantaranya asal Singapura dan tiga orang Malaysia berusia antara 21 dan 59 tahun.

 

Menurut Bea Cukai Singapura yang ditulis melalui akun resmi Facebook, pada hari Selasa petugas terus mengawasi pergerakan di sebuah bengkel motor di sebuah bangunan industri di Kaki Bukit Avenue 4, yang diduga telah menjadi tempat penyimpanan dan distribusi untuk rokok selundupan.

 

Mereka kemudian mencari di bengkel dan menemukan sebanyak 5.120 karton dan empat paket rokok selundupan. Truk yang berplat nomor Singapura yang sebelumnya memasuki bengkel juga ditemukan.

 

Petugas Bea Cukai Singapura menangkap enam orang di bengkel dan dua lainnya ditangkap di Pos Pemeriksaan Woodlands saat mereka berusaha meninggalkan Singapura dan menuju Malaysia.

 

Selain itu, mereka juga menyita truk yang ditemukan di bengkel, dan dua mobil lain yang berplat Malaysia, yang diduga telah digunakan dalam pengiriman rokok selundupan ke berbagai lokasi di Singapura.

 

Kini, kasus ini sedang dilakukan investigasi lebih lanjut. Berdasarkan hukum yang berlaku di Singapura, bahwa pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan, kepemilikan atau pengurusan barang yang tidak dikenai cukai adalah pelanggaran serius di bawah Undang-Undang Perpajakan dan UU GST.

 

Hukumannya, pelaku bisa didenda hingga 40 kali lipat dari jumlah yang seharusnya dibayar dan/atau hukuman tinggal dibalik jeruji besi selama enam tahun.

 
  • Miron