Skip to main content

Studi Ini Ungkap 237 Alasan Mengapa Orang Melakukan Hubungan Seks

seks
Ilustrasi (INT)

KABAR.NEWS - Ada banyak alasan mengapa seseorang terdorong untuk melakukan hubungan seks. Sebuah penelitian mengungkap sebanyak lebih dari 200 alasan mengapa orang-orang melakukan hubungan seks. 

Mulai dari "Merasa bosan" hingga "Saya ingin merasa lebih dekat dengan Tuhan" dan juga "ingin dipromosikan," menurut survei terbaru.

Para peneliti meminta lebih dari 400 pria dan wanita, yang berumur 17 hingga 52 tahun, untuk mengidentifikasi berbagai alasan mengapa orang melakukan hubungan seks. Kemudian, lebih dari 1.500 mahasiswa sarjana ditanya tentang pengalaman dan perilaku seksual mereka.

Nah, berikut ini 3 alasan teratas:

Saya tertarik pada orang itu.
Saya ingin marasakan kenikmatan fisik.
Rasanya enak.

Hasil penelitian ini mengungkapkan terdapat 237 motivasi dari berhubungan intim. David Buss dan Cindy Meston dari University of Texas di Austin, membaginya menjadi empat faktor utama dan 13 faktor turunannya:

-Alasan fisik

Mengurangi stres ("Sepertinya berhubungan adalah latihan yang bagus"); merasakan kesenangan (“Sangat menyenangkan”); meningkatkan atau memperluas pengalaman ("Saya ingin tahu tentang seks"); dan keinginan fisik dari pasangan ("Orang itu penari yang hebat").

-Alasan berbasis tujuan  

pertimbangan praktis (“Saya ingin punya bayi”); status sosial ("Saya ingin menjadi populer"); dan balas dendam ("Saya ingin memberi orang lain penyakit menular seksual").

-Alasan emosional 

Cinta dan komitmen ("Saya ingin merasa diterima di lingkungan"); ekspresi ("Saya ingin mengungkapkan 'terima kasih'").

-Alasan tidak aman 

Harga diri ("Saya menginginkan perhatian"); Tugas atau tekanan ("Pasangan saya terus bersikeras"); untuk mengendalikan pasangan ("Saya ingin melindungi pasangan saya").

Tak hanya itu, peneliti juga menemukan perbedaan gender yang signifikan. Misalnya, laki-laki lebih cenderung termotivasi daripada perempuan untuk pencarian pengalaman, kesempatan dan ketertarikan fisik. Contohnya di antaranya: "Saya ingin menambah jumlah pasangan saya" dan "Orang itu memiliki wajah yang menarik."

Sementara, wanita lebih termotivasi daripada pria oleh faktor emosional tertentu, seperti "Saya ingin mengungkapkan cinta saya untuk orang itu."

"Topik mengenai mengapa orang melakukan hubungan seks sangat penting, tetapi jarang untuk dipelajari," kata Buss. 

"Anehnya, banyak ilmuwan menganggap jawabannya jelas, tetapi orang memiliki alasan yang berbeda untuk berhubungan seks, beberapa di antaranya agak rumit," tambahnya. 

Penelitian, yang akan dijelaskan dirinci dalam edisi Agustus jurnal Archives of Sexual Behavior ini , didasarkan pada survei yang dilakukan antara tahun 2000 dan 2004, termasuk di antaranya kepada mahasiswa sarjana dengan usia rata-rata 19 tahun.

  • Miron