Skip to main content

Tak Takut Dikecam Publik Spanyol, RFEF Mulai Cari Pengganti Lopetegui

Lopetegui
Julen Lopetegui.

 


KABAR.NEWS, Madrid - Keputusan mengagetkan diambil Federasi sepak bola Spanyol, RFEF dengan memecat Julen Lopetegui menjelang pembukaan Piala Dunia 2018 di Rusia. 


Pemecatan terhadap Lopetegui diprediksi banyak pihak akan mengganggu persiapan Timnas Spanyol dalam menjalani Piala Dunia di Rusia. Tak hanya itu, cacian dan kecaman terhadap RFEF akan kencang berhembus.


Baca Juga: 


Meski demikian, Presiden RFEF, Luis Rubiales pun tak bergeming dan tak takut dikecam terkait keputusannya itu.


"Saya tahu ini situasi yang sangat sulit. Saya tahu akan ada kritik terhadap apa yang saya lakukan," ujar Rubiales seperti dilansir Squawka.


RFEF memecat Lopetegui usai pelatih berusia 51 tahun itu diumumkan sebagai pelatih baru Real Madrid. RFEF geram karena pengumuman itu dilakukan saat timnas Spanyol sedang bersiap turun di Piala Dunia.


Rubiales menambahkan, RFEF tetap menghormati Lopetegui, meski telah melakukan pemecatan. Rubiales pun memuji jejak rekam Loptegui saat menukangi Sergio Ramos dan kawan-kawan.


"Saya tak merasa dikhianati. Lopetegui telah melakukan pekerjaan luar biasa selama bersama kami. Saya mengagumi Lopetegui, saya sangat menghormatinya," ujar Rubiales.


Robiales, mengaku belum memutuskan siapa yang bakal mengisi posisi Lopetegui. Dia mengatakan akan segera mengumumkan pelatih timnas Spanyol.


"Kami belum tahu pasti, satu hal yang bisa saya katakan kami mencoba untuk bergerak secepat mungkin. Ketika kami tahu sesuatu, kami akan memberitahukan Anda semua," ujar Rubiales.


Beberapa nama muncul sebagai pelatih darurat timnas Spanyol. Mereka adalah Michael Laudrup, Sam Allardyce, David Moyes, Rafa Benitez dan Zinedine Zidane.


Tetapi dua nama yakni Fernando Hierro dan Albert Celades akan menjadi calon terkuat. Apalagi saat ini, Hierro menjabat sebagai Direktur Olahraga RFEF. Sementara, Celades berstatus sebagai Pelatih timnas Spanyol U-21.