Skip to main content

Temuan Baru, Ternyata Dinosaurus Ini Punya Ketombe

Microraptor
Fosil Mikroprator (Gettyimages)

KABAR.NEWS - Ketombe merupakan hal umum dialami sejumlah orang. Ternyata hal itu tidak hanya berlaku pada manusia. Pasalnya, sebuah temuan terbaru para ilmuwan menunjukkan fakta jika dinosaurus juga memiliki ketombe. 

Hal ini ditemukan dari serpihan-serpihan kecil kulit yang membatu pada Microraptor, dinosaurus berbulu yang memiliki sayap. 

Para peneliti menggunakan mikroskop elektronik untuk menyelidiki sampel bulu Microraptor dari China dan juga bulu dari beipiaosaurus and sinornithosaurus dan juga burung primitif. 

Temuan ini menunjukkan bahwa dinosaurus awal menghilangkan kulit mati mereka sebagai serpihan (ketombe). Hal ini agak berbeda dengan yang terjadi pada reptil modern, menanggalkan kulit mati sebagai potongan besar.

"Ini satu-satunya fosil ketombe yang pernah dilaporkan, sejauh yang saya ketahui," kata Profesor Mike Benton, salah satu penulis studi yang dipublikasikan di jurnal Nature, dikutip dari The Independent.

Hal ini menunjukkan jika suhu tubuh dinosaurus ini lebih rendah dibandingkan dengan yang dimiliki oleh burung modern. Juga dinyatakan jika Microraptor kemungkinan tidak bisa terbang dalam jangka waktu yang lama.